Sunday, September 07, 2008

Papeda Memang Lezat



LAPORAN DARI DEN HAAG
Papeda Memang Lezat
Rabu, 03 September 2008, 17:13:03 WIB

Jakarta, myRMnews. KBRI Den Haag, Sabtu (30/8), selain menggelar atraksi memahat dari suku Asmat, Papua, juga menampilkan demo cara pembuatan bahan makanan dari sagu atau papeda.

Koresponden Rakyat Merdeka dan myRMnews di Belanda, A.Supardi Adiwidjaya, sempat mencicipi papeda yang memang cukup lezat.

“Saya mendapat semangkuk kecil papeda dengan sepotong ikan tongkol dan kuahnya. Makanan ini memang lezat rasanya,” ujar Supardi, dan berikut ini ceritanya.

Papeda dibuat dari tepung sagu (dari pohon sagu) diseduh dengan air panas yang mendidih dan dengan terus diaduk sampai tepung itu menjadi cukup kental menjadi semacam kanji.

Setelah tepung kelihatan kental seperti kanji, jadilah apa yang disebut papeda itu. Papeda itu tidak lain adalah semacam “nasin” atau “kentang” yang dimakan dengan lauk pauk, seperti ikan, daging, sayur-sayuran dan sebagainya.

Nah, papeda yang baru saja dibuat tersebut dimakan dengan ikan tongkol yang sudah dipotong-potong, yang dimasak dengan dibumbui kunyit dan jeruk nipis serta diaduk dengan air secukupnya sebagai kuahnya.

Dan benar juga apa yang dikatakan Freddy Kambu, asal Papua yang mantan pejabat bidang ekonomi KBRI Den Haag. Ia kembali datang ke Belanda bersama rombongan suku Asmat.

“Papeda dan ikan bersama kuahnya itu adalah makanan yang lezat dan sehat. Dan juga bebas kolesterol”, kata Freddy Kambu. (bersambung) [yat]

http://www.myrmnews.com/indexframe.php?url=situsberita/index.php?pilih=lihat_edisi_website&id=63781

0 Comments:

Post a Comment

<< Home